Minggu, 04 April 2010

Analisis Lima Kekuatan Porter pada PT. Bayer

I. Pendahuluan
lima kekuatan PORTER adalah suatu kerangka kerja untuk analisis industri dan pengembangan bisnis strategi yang dikembangkan oleh Michael E.Porter dari Harvard Busniess School pada tahun 1979.
Porter kekuatan-kekuatan ini disebut sebagai lingkungan makro. Kontras dengan istilah yang lebih umum lingkungan makro. Mereka terdiri dari kekuatan-kekuatan dekat dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pelanggan dan membuat keuntungan. Perubahan pada salah satu kekuatan biasanya,membutuhkan sebuah unit bisnis untuk kembali menilai pasar memberikan perubahan secara keseluruhan di industri informasi. Daya tarik industri secara keseluruhan tidak berarti bahwa setiap perusahaan dalam industri itu akan mengembalikan keuntungan yang sama.
Lima Porter pasukan termasuk -tiga pasukan dari 'persaingan horisontal' : ancaman produk substitusi, ancaman saingan didirikan, dan ancaman pendatang baru, dan dua kekuatan dari 'persaingan vertikal': kekutan tawar pemasok dan kekuatan tawar pelanggan.
II.Analisis terhadap PT. Bayer Indonesia
1. Substitusi
a. Subtitusi PT.Bayer adalah sangobion, hematviton.
b. b. Manajemen Strategi yang dilakukan:
- Menjadikan produk ini banyak digunakan konsumen
- Menghasilkan produk-produk ini dengan kualitas yang terbaik
- Terus berinovasi menciptakan produk-produk yang handal berguna dan hebat.


2. Pemasok
a. Pemasok disini harus diutamakan produk ang menjuak produk dalam negeri, sebagai wujud cinta produk dalam negeri.
a. Pemasok produk ini banyak terutamanya pemasok dari dalam negri maupun luar negri
b. Manajemen Strategi yang dilakukan:
PT. Bayer harus mempunyai hubungan yang baik dengan para Pemasok, baik di luar maupun di dalam.

3. Persaingan antar penjual dalm satu industri
a. Yang menjadi pesaing dalam satu industri di PT. Bayer adalah PT.Kalbe Farma, PT. Darya Varia,PT. Lasterin.
b.Manajemen Strategi yang dilakukan:
- Melakukan Inovasi Produk
- Harga yang lebih terjangkau tetapi mutu tetap tarjamin
- Promosi lebih ditingkatkan lagi

4. Pembeli
a. Para pembeli produk Bayer diantaranya konsumen/masyarakat atas maupun bawah.
b. Manajemen Strategi yang dilakukan:
- Produk berkualitas dan memuaskan para konsumen
- Harga bersaing
- Pelayanan yang baik buat konsumen
- Melakukan promosi sesuai dengan mutu
- Memberikan jaminan untuk hidup sehat

5. Pendatang baru potensial
a. Pendatang baru perusahaan obat yaitu :darya varia, kalbe farma.
b. Manajemen Strategi yang dilakukan:
- Selalu memberikan keuntungan dan kelebihan produk kepada konsumen.
- Tetap mengutamakan produk obat-obatan yang terbaik

sumber :google com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar