Minggu, 14 Maret 2010

Analisis SWOT

Analisis Swot
Pada Produk PT Bayer Indonesia tbk



A. Pendahuluan
Analisis SWOT (singkatan bahasa Inggris dari "kekuatan"/strengths, "kelemahan"/weaknesses, "kesempatan"/opportunities, dan "ancaman"/threats) adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.

B. Teori

1. Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah indentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk memutuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (Threats). Proses pengambilan keputusan strategis selalu berkaitan dengan pengembangan misi, tujuan, strategi, dan kebijakan perusahaan. Dengan demikian perencana strategis (strategi planner) harus menganalisis faktor-faktor strategis perusahaan (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) dalam kondisi yang ada pada saat ini. Hal ini disebut dengan Analisis Situasi. Model yang paling populer untuk analisis situasi adalah Analisis SWOT.

2. Cara Membuat Analisis SWOT
SWOT adalah singkatan dari lingkungan Internal Strengths dan Weaknesses serta lingkungan eksternal Opportunities dan Threats yang dihadapi dunia bisnis. Analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal Peluang (opportunities) dan Ancaman (threats) dengan faktor internal Kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses).

C. Pembahasan
- Kekuatan :
1. Kami mempunyai komitmen untuk memajukan dan meningkatkan produk.
2. Mencegah, mendiagnosa, meringankan dan menyembuhkan berbagai penyakit.
3. Membantu masyarakat untuk menikmati hidup yang lebih bermakna melalui kontribusi yang dilakukan oleh produk-produk kami di bidang-bidang komunikasi, mobilitas, olah raga dan peralatan rumah tangga.
4. memberikan manfaat bagi masyarakat dan memperbaiki kualitas hidup mereka dalam menggunakan produk bayer.
5. Kami berusaha mempertahankan kepercayaan yang diberikan para stakeholder kami melalui kualitas, kinerja dan produk-produk dan jasa-jasa kami yang terpercaya dan juga melalui integritas, fleksibilitas dan keterbukaan dalam semua tindakan bisnis.


Kelemahan Produk :
1. Menurut saya kelemahan perusahaan : harga obat bayer tidak mudah dijangkau oleh masyarakat yang kurang mampu karena obatnya tidak ada yang dibungkus secara saset.
2. Dalam membuat produk menggunakan teknologi yang sangat rumit dalam proses di pabrik.
3. Produk dalam hal pemasaran belum menyampai luas daerah (kota terpencil) kebanyakan dikota-kota besar
4. Bahan-bahannya masih banyak yang di impor.

Kesempatan (Opportunities)
1. Membuat produk baru

Ancaman (Threats)

1. Terjadinya pemalsuan produk.
2. Banyaknya pesaing produk dengan menjual produknya dengan murah.
3. Terjadinya kenaikan biaya bahan baku karena perekonomian yang semakin meningkat
4. Mengalami ketidak stabilan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.
5. Melemahnya daya beli konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar